PENGAMATAN KARYA DESAIN DENGAN ANALISIS TANGIBLE, INTENGIBLE DAN PERSEPSI WARNA
Dalam dunia desain sangat penting memahami suatu makna tertentu yang terkandung di dalam suatu objek desain. Unsur yang bisa menjelaskan bahasa atau makna yang terkandung di dalam sebuah desain adalah warna. Warna pada suatu objek desain juga dapat memberikan persepsi tersendiri yang secara harfiah dapat dicari dan dipahami makna nya melalui persepsi kita masing-masing.
Dalam bahasa visual ada unsur Tangible serta Intangible, kedua nya tentu berbeda , Tangible adalah suatu yang bersifat nyata dan dapat dipegang bentuk/wujudnya, sedangkan Intangible adalah sesuatu yang juga memiliki makna namun tidak berupa wujudnya. Berikut akan saya beri contoh beberapa objek desain yang saya temukan di sekitar tempat saya tinggal yang memiliki makna Tangible dan juga Intangible serta persepsi warna yang terkandung di dalamnya.
1.
Adalah desain dari sebuah produk kopi aming asli pontianak. Menurut saya ini termasuk Tangible, megapa ? karena ini adalah produk yang bisa dipegang namun memiliki makna yang direpresentasikan dari warna coklat pekat dari kemasannya yang memiliki arti menenangkan, kalem, dan adalah mewakilkan unsur warna asli produk biji coffe yang bermanfaat untuk tubuh
2.
Desain yang kedua adalah desain dari produk pembersih lantai toilet. Menurut saya adalah Tangible juga karena bisa dipegang, dirasakan, serta berwujud nyata. Persepsi warna yang terkandung dimana dominan berwarna hijau yang melambangkan kesegaran dan menenagkan dan juga menyehatkan
3.
Contoh ketiga adalah bendera Indonesia. Menurut saya ini tergolong Intangible, karena secara harfiah memang bendera ini hanyalah sebuah kain berwarna merah dan putih namun sejatinya Indonesia bukan hanya sekedar kain berwarna merah dan putih namun adalah kebanggan sebagai tanah kelahiran kita semua dimana bedanya ada banyak sekali kain berwarna merah dan putih tapi kita akan biasa saja atau hanya menganggap iu sebuah kain biasa, namun beda cerita jika sebuah kain merah putih itu diberi nama indonesia atau bendera indonesia , pasti semua merasakan kesakralan dari nama kain ini dimana disaat melihatnya ada rasa bangga dan patriotisme yang muncul dengan sendirinya. persepsi warna merah dan putih juga mengartikan keberanian dan kesucian dimana ini terhubung dengan rasa yang kita alami ketika sudah melihat atau mendalami arti cinta tanah air, terkhusus semisal para tentara atau atlet yang mewakili negara di olimpiade, pasti akan muncul jiwa patriotik dalam diri.
Contoh keempat adalah desain dari shampoo clear. Menurut saya ini tergolong Tangible karena ini bisa dipegang dan berwujud. Persepsi warna yang terkandung adalah kuning dimana biasanya warna ini memiliki arti hangat, sejuk, dan menyehatkan
5.
Komentar
Posting Komentar